Laser Cutting Plat Baja

Ketika harus memotong logam, kayu, kaca, dan permukaan keras lainnya, sulit membayangkan seberkas cahaya mampu mengimbangi pisau yang berputar. Seberkas cahaya tradisional memang akan mengalami masa-masa sulit. Konon, sinar laser terkonsentrasi membuat pemotongan menjadi mudah.

Apa itu Pemotongan Laser?

Pemotongan laser adalah proses jasa laser cutting di mana sinar laser digunakan untuk memanaskan benda kerja ke titik di mana potongan tersebut dipotong dengan tepat. Menurut Answers.com, mesin laser termasuk laser bertenaga tinggi dan komputer untuk mengarahkan sinar laser ke bahan yang akan dipotong. Dari sana, sinar laser melelehkan, menguapkan, atau membakar bahan di sepanjang garis potong yang telah ditentukan, menghasilkan tepi potong yang presisi dan rapi.

Menurut Coherent, sebuah perusahaan yang memproduksi mesin pemotongan laser, pemotongan laser:

“… memusatkan energi dalam jumlah besar ke dalam tempat kecil yang terdefinisi dengan baik. Energi panas yang dihasilkan oleh laser menguapkan bahan di area yang ditentukan kecil ini dan menjadi gas, atau campuran gas, seperti oksigen, CO2, nitrogen , dan / atau helium digunakan untuk meniup bahan yang menguap keluar dari garitan (lebar alur yang dibuat oleh sinar laser). Energi pancaran diterapkan langsung di tempat yang dibutuhkan, meminimalkan Heat Affected Zone (HAZ) yang mengelilingi area yang sedang dipotong. ”

Aplikasi Pemotongan Laser

Pemotongan laser digunakan oleh produsen, bisnis kecil, sekolah, dan penghobi. Menurut Coherent, barang umum yang cocok untuk mesin laser meliputi:

. Bahan tipis bukan logam – Kertas, sebagian besar plastik, kain, stensil mylar, polikarbonat, kayu hingga 0,04 inci, dan akrilik tipis dapat dipotong dengan laser daya rata-rata 150 watt (daya puncak 450 watt).

. Bahan non-logam yang lebih tebal – Anda memerlukan laser dengan daya rata-rata antara 250 hingga 500 watt (hingga daya puncak 1500 watt) untuk memotong bahan non-logam yang lebih tebal seperti plastik yang lebih tebal dan kayu dengan ketebalan hingga satu inci. Secara umum, laser daya rendah harus bekerja lebih keras untuk membuat potongan yang sama. Ini mengurangi kecepatan potong dan dapat menyebabkan panas yang berlebihan, perubahan bahan kimia, atau kerusakan pada Zona yang Terkena Panas.

. Bahan logam – Bahan logam umumnya membutuhkan laser berdaya lebih tinggi (antara 150 dan 1.000 watt (daya puncak hingga 2500 watt). Beberapa logam tipis (seperti baja tahan karat atau baja canai dingin) dapat dipotong dengan laser 150 watt saat gas bantuan oksigen digunakan.

Pemotongan laser digunakan untuk memotong sejumlah barang dari berbagai bahan seperti: teka-teki jigsaw, permukaan jam, label logam, suku cadang dan komponen mesin, kemasan, tanda, pola, potongan jok kulit, dan banyak lagi.

Keuntungan Pemotongan Laser

Laser menawarkan banyak keunggulan dibandingkan jenis pemotongan lainnya. Anda tidak hanya dapat memotong berbagai bahan seperti kertas, plastik, karton, kulit, dan logam, laser sangat presisi. Setelah pola diprogram ke dalam pemotong laser, pola dapat terus memotong salinan persis dari pola pada benda kerja setelah benda kerja. Tepi yang dipotong laser bersih. Selain memotong benda, laser juga dapat memotong lubang kecil dan sangat detail dengan kualitas tepi yang baik.

Terakhir, sinar laser tidak akan aus karena pemotongan, sehingga mengurangi tekanan pada peralatan pemotongan. Laser telah berkembang pesat dan telah terbukti menjadi alternatif yang andal dan menguntungkan untuk metode pemotongan lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *